Close

Relawan Jokowi Sebut Program KIP Komitmen Pemerintah di bidang Pendidikan

bantuan PIP telah disalurkan pemerintah kepada 18 juta siswa yang berhak menerima

berdaulat.com, Pekanbaru – Hingga Januari 2022, bantuan PIP telah disalurkan pemerintah kepada 18 juta siswa yang berhak menerima. Data itu bersumber dari kemendikbud.go.id.

Untuk diketahui, program tersebut merupakan salah satu janji kampanye politik Jokowi saat mencalonkan diri menjadi Presiden RI.

Program tersebut diperuntukan bagi peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Paling tidak,  keluarga kurang mampu bisa mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.

Menurut Ketua Relawan Sumatera untuk Jokowi, Eka mengatakan, program yang diluncurkan Jokowi di bidang pendidikan saat ini sangat dirasakan manfaatnya bagi peserta didik dan mahasiswa. Dimana, dengan program KIP, peserta didik dan mahasiswa bisa mengenyam pendidikan yang layak.

“Saat ini manfaatnya sangat terasa. Sudah jutaan siswa atau mahasiswa memanfaatkan program KIP,” Kata Eka, Selasa (18/01/22).

Menurut Eka, program KIP betul-betul mampu menjawab persoalan pendidikan di tanah air. Disamping menjadi sudah menjadi amanah konstitusi, pendidikan juga merupakan kebutuhan dasar untuk meningkatkan sumberdaya manusia.

“Disamping bidang kesehatan, pendidikan tidak kalah penting untuk meningkatkan daya saing anak didik dan mahasiswa menghadapi tantangan global nantinya,” Terang Eka.

Sebagai informasi, perserta didik diberikan bantuan menurut tingkatan pendidikan, untuk peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun, peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun, dan untuk peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.

Lalu, bagaimana caranya bisa dapat dana Program Indonesia Pintar atau PIP?, peserta didik bisa mengunjungi web pip.kemdikbud.go.id. Disana secara lengkap diinformasikan, mulai dari persyaratan hingga besaran nilai bantuan yang akan diterima. rls (wfi)

scroll to top