Close

PUPR Kota Pekanbaru Tidak Beri Rekomendasi Bagunan Di Sempadan Sungai Serta Evaluasi Izin Bangunan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi

berdaulat.com, Pekanbaru – Pasca meluapnya air sungai ke pemukiman masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru melakukan survei ke Sungai Sail.

“Tadi kita lihat sudah mulai surut satu meter dari ketinggian sebelumnya,” terang Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Minggu (25/4/2021) dilansir dari riauonline.co.id.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi menegaskan pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi file banjir ke pengembang perumahan. Ada kemungkinan pengembang tidak menghiraukan rekomendasi ini.

PUPR kota Pekanbaru tidak ada memberi rekomendasi mendirikan bangunan di sempadan sungai. Ia mengaku bakal menertibkan perumahan yang ada di sempadan sungai.

“Kita bakal kordinasi dengan pihak terkait, agar tidak ada lagi pembangunan di sempadan sungai,” ujarnya.

Pihak PUPR kota Pekanbaru bersama instansi terkait akan melakukan evaluasi izin bangunan yang ada di sempadan sungai. Tak hanya evaluasi izin, Mereka juga mengevaluasi pembangunan di dataran rendah.

Indra Pomi menegaskan, pengembang perumahan harus mengikuti rekomendasi terkait kawasan banjir dari pemerintah.

“Mereka mesti mengantisipasi banjir di kawasannya. Para pengembang banyak tidak mengindahkan hal ini,” terangnya.

Menurutnya, pihak dinas sudah memiliki rekomendasi bagi siapa saja yang hendak mendirikan bangunan. Pertama yakni informasi tata ruang. Dinas memberi informasi seputar peruntukan wilayah yang ada di kota. Mereka menjelaskan titik pemukiman, perdagangan dan saja serta industri. (bdm/WFI).

scroll to top