Close

Platform Digital Jadi Andalan Jualan Mobil di Masa Pandemi Covid-19


berdaulat.com – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang ditetapkan pemerintah DKI Jakarta dan beberapa kota penyangga lainnya memaksa para produsen mobil beralih ke sistem digital untuk pemasaran.

Salah satunya seperti dilakukan Wuling Motors, dengan sistem penjualan secara digital. Media Relation Wuling Motors, Brian Gomgom mengatakan bahwa pihaknya mengikuti semua arahan pemerintah terkait penanganan penyebaran Virus Corona jenis baru, termasuk menghentikan operasional di wilayah yang memberlakukan PSBB.

“Pastinya kami akan mengikuti peraturan PSBB di daerah yang memberlakukannya. Kami menganjurkan konsumen untuk memperoleh layanan melalui online, bisa untuk pembelian online di e-Commerce, lalu di MyWulingplus,” ujar Brian Gomgom dalam video conference bersama Forum Wartawan Otomotif, baru-baru ini.

Layanan beli mobil saat COVID-19 di China [Carscoops].

Sementara bagi konsumen yang ingin tetap merasakan langsung, bisa menghubungi dealer terdekat atau bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi.

“Untuk permintaan test drive dan servis di rumah bisa juga dipesan lewat aplikasi, atau bisa telepon ke dealer langsung,” ungkapnya.

Sementara itu produsen otomotif asal China lainnya, DFSK, juga menerapkan skema serupa. Digital Marketing Manager DFSK Indonesia, Angga Adhikresna mengatakan, kebiasaan konsumen saat ini juga sudah mulai berubah dari offline menjadi online.

“Masyarakat di Indonesia kini sudah mulai terbiasa untuk melakukan pembelian secara online, dari mencari informasi spesifikasi, harga, simulasi kredit sampai pemesanan kendaraan dengan memanfaatkan gadget mereka yang terkoneksi internet. Hal ini juga kami lakukan sebagai langkah mendukung pemerintah di masa pandemi untuk mengurangi aktivitas luar rumah, sehingga kami memberikan kemudahan bagi customer yang ingin melakukan pembelian dan test drive tanpa datang ke showroom,” ungkap Angga Adhikresna.

Sedangkan Toyota, melalui dealer resminya mengarahkan konsumen untuk beralih ke Auto2000 Digiroom. Melalui platform digital ini, Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan menyampaikan, calon konsumen akan langsung disodorkan pada halaman utama yang berisi promo dan deretan rekomendasi mobil baru.

“Auto2000 Digiroom sebagai sebuah e-commerce website dengan menu utama untuk penjualan mobil baru, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia, prosesnya sangat mudah seperti Toyota Showroom in Your Pocket,” jelas Martogi Siahaan.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali untuk keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri. Bersama-sama, kita bisa mengatasi pandemi Coronavirus Disease atau COVID-19. berdaulat.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19





Sumber berita

scroll to top