Close

Obituari Glenn Fredly: Ajakan Naik Transportasi Umum


berdaulat.com – Salah satu musisi legendaris Tanah Air, Glenn Fredly telah berpulang ke rumah Bapa pada Rabu malam (8/4/2020). Ia meninggalkan istri, Mutia Ayu, dan seorang putri, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo.

Lahir pada 30 September 1975, Glenn yang memiliki nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo muncul perdana sebagai juara ajang kontes menyanyi Cipta Pesona Bintang (1995), dan mebukukan album perdana bertajuk GLENN. Selain menorehkan lagu-lagu hits dan membawakan tribute bagi Chrisye serta Michael Jackson, ia berkolaborasi dengan dua musisi kenamaan. Yaitu bersama Tompi dan Sandhy Sondoro, bernama Trio Lestari (2013).

Kepergiannya tentu saja sebuah kehilangan besar bagi Indonesia. Seperti Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, di akun Instagram @smindrawati pada Kamis (9/4/2020) tertulis, “Saya kehilangan seorang teman yang memiliki kepedulian sangat besar terhadap berkembangnya industri musik dan kesejahteraan para musisi serta seniman Indonesia.”

Glenn Fredly saat melakukan carpool, dengan bintang tamu Ari Wibowo [Instagram @glennfredly309].

Juga presenter Najwa Shihab, yang menuliskan kalimat di akun Instagram Narasi TV, “Sahabat tercinta saya, Glenn Fredly berpulang malam ini. Terakhir kami berkontak minggu lalu, memintanya merekam video ini dan mengajaknya ikut konser musik amal, Di Rumah Aja.”

Sebagai catatan, Glenn Fredly bersama Tompi adalah talent pertama Narasi yang memiliki kanal bertajuk “Tompi & Glenn”. Salah satu kenangan adalah saat keduanya melakukan “grebek” dan ngamen ke kediaman Menteri Perikanan (kini mantan) Susi Pudjiastuti. Di sana keduanya menemukan sebuah motor Ducati tua produksi 1948.

Suara khas, kerendahan hati, serta kepedulian Glenn Fredly terhadap keseharian masyarakat Tanah Air adalah hal yang banyak diingat. Dalam soal transportasi umum misalnya. Ia mengunggah ajakan lewat media sosial Instagram atas nama @glennfredly309. Di antaranya adalah sebuah poster bergambar kendaran roda dua, dan roda empat, yang diberi tanda silang merah dan kalimat “Yuk ke M Bloc tanpa kendaraan pribadi.”

Ia menuliskan di situ, “Naik @mrtjkt turun di stasiun Blok M atau ASEAN, jalan sebentar sampai deh di @mblocspace … Sedap bro and sis … #semuakembalikeblokm #mblocspace.”

Senada, tentang cara bepergian ke M Bloc di kawasan Blok M. Salah satu petikannya adalah, “Cara paling nyaman adalah naik taxi online atau ya naik MRT! Kami berada persis di tengah-tengah antara stasiun MRT ASEAN dan Blok M Plaza. Karena kami tidak menyediakan parkir untuk kendaraan pribadi. Kalau kalian terpaksa harus naik kendaraan pribadi, kantong parkir terdekat adalah di Blok M Square atau Blk M Plaza, ya. Tinggal jalan kaki 3 menit dari sana menuju M Bloc.”

Ada lagi potret unggahannya saat melakukan carpool untuk Trio Lestari, bersama Prilly Latuconsina, juga Ari Wibowo.

Dan satu hal lagi, terlahir sebagai Nyong Ambon atau berdarah Maluku, meski lahir jauh dari Negeri Seribu Pulau (sebutan bagi Tanah Maluku), Glenn Fredly selalu mengingat asalnya. Putra pertama dari lima bersaudara keluarga Hengky dan Linda Latuihamallo pernah mengunggah di laman Instagram akunnya, “Tidak ada yang salah pelajari dan cari tau tentang root bangsamu. Beta Nusa Hitam, Melanesia.”  Ia pun menjadi salah satu produser dari film “Cahaya Dari Timur: Beta Maluku”.

Wafat di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, jenazah Glenn Fredly dimandikan di Rumah Duka Dharmais, Jakarta Barat dan dibawa ke Gereja Sumber Kasih, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Rencananya bakal dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (9/4/2020).

“Kami pihak keluarga meminta doa dari rekan-rekan musisi, kerabat, teman, dan seluruh masyarakat Indonesia untuk almarhum Glenn Fredly dan memaafkan segala kesalahan yang pernah beliau lakukan, baik sengaja mau pun tidak disengaja. Dan tanpa mengurangi rasa hormat, kami berharap agar para pelayat tidak hadir dalam prosesi pemakaman dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan saat ini. Doa rekan-rekan sekalian di mana pun berada sudah lebih dari cukup untuk menguatkan kami dalam rasa duka ini,” demikian tulis Mozes Latuihamallo, perwakilan keluarga Glenn Fredly dalam keterangan yang diterima tim berdaulat.com.

Selamat jalan, Bung Glenn Fredly!





Sumber berita

scroll to top