Close

Nadiem Makarim Resmi Bubarkan BSNP Sebagai Lembaga Independen

Rabu, 1/9/2021 Pukul. 20:45 WIB

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Nadiem Makarim

berdaulat.com, JAKARTA – Mendikbudristek (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) Nadiem Makarim secara resmi membubarkan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) sebagai lembaga independen yang bergerak dibawah naungan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi).

Pembubaran BSNP ini diatur dalam Permendikbud No. 28 tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbudristek, secara rinci diatur dalam pasal 334 yang menyatakan ketentuan sebelumnya soal BSNP dalam Permendikbud Nomor 96 Tahun 2013 tentang BSNP dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Permendikbud Nomor 28 Tahun 2021 yang mengatur pembubaran BSNP merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). PP tersebut yang diteken Presiden Joko Widodo pada 31 Maret lalu tak lagi mengatur BSNP sebagai lembaga independen.

Sebagai gantinya, PP Nomor 57 Tahun 2021 akan membentuk suatu yang bertanggung jawab kepada menteri untuk mengembangkan standar nasional pendidikan. Kemudian, dalam pasal 234 Permendikbud Nomor 28 Tahun 2021, lembaga tersebut bernama Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek Anang Ristanto mengatakan pemerintah akan menyesuaikan tugas dan fungsi BSNP menjadi Dewan Pakar Standar Nasional Pendidikan.

Hal ini guna memastikan keberlanjutan keterlibatan publik dalam perumusan kebijakan terkait standar nasional pendidikan. Dewan ini nantinya juga bertugas memberikan berbagai pertimbangan mengenai standar nasional pendidikan

“Kemdikbudristek mengundang kepada seluruh anggota untuk menjadi anggota dewan tersebut untuk bersama mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Anang. (bdc/wfi)

scroll to top