Close

Misteri Pemilik Bahan Radioaktif Cesium 137 di Serpong Mulai Terungkap

berdaulat.com – Misteri pemilik bahan radioaktif Cesium 137 di Serpong mulai terungkap setelah Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan polisi menemukan material berbahaya tersebut di dalam sebuah rumah di Perumahan Batan Indah.

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan, dalam pernyataan resmi, Senin (24/2/2020) mengatakan bahwa ada penguasaan terduga beberapa sumber radioaktif atau bagian dari sumber radioaktif seperti Cesium 137 secara tidak sah di sebuah rumah di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

“Sumber radioaktif tersebut di antaranya berjenis Cesium 137 dan ada beberapa jenis radioaktif lainnya,” kata Indra seperti dilansir Antara.

Bahan radioaktif itu ditemukan dalam rangka proses penyidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian yang dipimpin oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dengan dukungan teknis dari Bapeten.

“Ini merupakan titik terang atas kasus ditemukannya limbah radioaktif Cesium 137 pada akhir Januari 2020 di lahan kosong di bagian depan Perumahan Batan Indah,” tuturnya.

Bareskrim Polri bersama dengan Bapeten melakukan olah tempat kejadian perkara dan telah mengamankan barang bukti yang ditemukan di rumah warga tersebut.

Polisi juga memasang police line di rumah itu untuk kepentingan penyidikan. Pihak kepolisian sampai saat keterangan ini dirilis, sedang mengambil keterangan dari warga pemilik rumah tersebut.

Sebelumnya Kapolres Metro Tanggerang Selatan AKBP Iman Setiawan, pada Senin, mengatakan bahwa ditemukan lagi paparan zat radioaktif di rumah Nomor 22 Blok A Perumahan Batan Indah. Ia tak merinci siapa nama pemilik rumah tersebut.

Imam juga menyampaikan bahwa tim Gegana telah diterjunkan untuk menyelidiki dugaan ditemukannya zat radioaktif tersebut.





Sumber berita

scroll to top