Close

Mengenal Sosok Kim Yo Jong yang Disebut-sebut Jadi Penerus Takhta Korut


berdaulat.com – Nama Kim Yo Jong belakangan ramai menjadi perbincangan. Sejak kabar Kim Jong Un kritis beredar, sosok perempuan ini disebut-sebut akan menjadi pemimpin Korea Utara jika kemungkinan terburuk terjadi.

Kim Yo Jong sendiri merupakan adik Kim Jong Un sekaligus salah satu figur penting dalam kepemimpinan diktator Korea Utara. Karena pengaruhnya, Kim Yo Jong disebut sebagai kandidat kuat pemimpin negara tersebut.

Melansir dari laman The Sun, Kim Yo Jong disebut lahir pada September 1987. Saat ini, Kim Yo Jong berusia 31 tahun.

Sejak kecil, Kim Yo Jong disebut-sebut sudah dekat dengan Kim Jong Un. Keduanya menempuh pendidikan bersama di Swiss dalam rentang tahun 1996 hingga 2000.

Selain itu, menurut laman Forbes, Kim Yo Jong juga pernah melakukan pendidikan balet di Swiss sebelum kembali ke Korea Utara.

Pasca menjalani pendidikan di Swiss, Kim Yo Jong lantas mengenyam pendidikan di Kim Il-Sung Military University dan ilmu komputer di Kim Il-Sung University.

Kim Yo Jong (twitter.com/annafifield)

Kim Yo Jong menikah dengan salah satu anak anggota militer Korea Utara yang bernama Choe Song. Dikabarkan pula, Kim Yo Jong memiliki satu anak yang lahir pada tahun 2015 silam dan dikabarkan hamil anak kedua pada Olimpiade Musim Dingin 2018.

Meski merupakan sosok penting di Korea Utara, Kim Yo Jong pertama terlihat tampil di publik saat pemakaman sang ayah, Kim Jong Il pada Desember 2011 silam.

Kemudian pada tahun 2018 lalu Kim Yo Jong juga menjadi wanita pertama dalam dinasti Kim yang menginjakkan kaki di Korea Selatan sejak Perang Korea pada tahun 1953.

Kim Yo Jong juga diketahui hadir saat acara pertemuan antara Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura. Selain itu, dirinya disebut sudah berpengalaman menggantikan Kim Jong Un saat sakit.

Kim Yo Jong (twitter.com/annafifield)
Kim Yo Jong (twitter.com/annafifield)

Kini, Kim Yo Jong sendiri dianggap sebagai sosok yang berpengaruh dalam menjaga citra Kim Jong Un di hadapan publik Korea Utara dan luar negeri.

Salah satunya, Kim Yo Jong pernah memberikan sebutan “anjing yang menggonggong ketakutan” kepada Korea Selatan yang kala itu memprotes latihan militer Korea Utara.

Kemudian, Kim Yo Jong juga pernah memuji Presiden Donald Trump secara publik karena telah mengirim surat yang berisi tawaran untuk membantu pandemi virus corona.

Kekuasaan Kim Yo Jong di Korea Utara sendiri dianggap makin bertambah sejak dirinya ditunjuk menjadi anggota komite yang bertugas membuat kebijakan penting di negara komunis.

“Dia pintar, perhitungan, dan siapa yang tahu berapa banyak kekuatan yang sudah dia bangun sambil bekerja di balik layar?” ungkap ahli Korea Utara, Bruce Bennett seperti dilansir Forbes.

Karena alasan inilah, Kim Yo Jong dipercaya punya kesempatan tinggi untuk menduduki takhta Korea Utara jika saudaranya berpulang. Bahkan, menurut seorang analis, kemungkinan Kim Yo Jong menjadi presiden Korea Utara selanjutnya dapat mencapai 90 persen.





Sumber berita

scroll to top