Close

Mantan Kepala Dinas LHK Pekanbaru Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Sampah

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Agus Purwanto ditetapkan sebagai tersangka kasus sampah di Pekanbaru

berdaulat.com, Pekanbaru – Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Agus Pramono dan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLHK Adil Putra ditetapkan sebagai tersangka oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau terkait perkara kelalaian pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru, Riau.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau Komisaris Besar (Kombes) Teddy Ristiawan mejelaskan pihaknya menetapkan tersangka tersebut setelah penyidik melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dalam perkara ini. Sebanyak 20 saksi telah diperiksa. Selain itu, penyidik juga mendengarkan kesaksian para ahli lingkungan hidup, tata negara, dan ahli dari KLHK.

“Ahli menyimpulkan sampah itu melewati ambang batas pencemaran lingkungan. Karena itu, para tersangka dikenakan Pasal 40 dan 41 UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Karena hukuman hanya 4 tahun, para tersangka tidak ditahan,” jelas Teddy.

Kombes Teddy juga menambahkan, ada kelalaian dan kesengajaan dalam proses  pencemaran lingkungan akibat sampah tersebut.

“ kalau masalah permainan ini harus kita dalami, pada saat proses pemeriksaan yang bersangkutan sebagai tersangka,” tutupnya.

Tim penyidik juga berencana kembali melakukan pemeriksaan terhadap dua orang tersangka pecan depan, untuk mendalami perbuatan yang telah dilakukan oleh kedua tersangka. (bdm/SBD)

scroll to top