Close

Kelompok Kukerta Universitas Riau Lakukan Penanaman TOGA Bersama Ibu POKJA 3 Kelurahan Talang Mandi

Jum'at, 16 Juli 2021. Pukul: 13:58 WIB

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau lakukan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) bersama ibu POKJA 3 kelurahan di Bengkalis

berdaulat.com, Bengkalis – Lonjakan kasus covid-19 dewasa ini mengharuskan setiap individu untuk lebih menjaga imunitas tubuh  dalam rangka mengurangi penularan covid-19. Covid-19 ini bisa ditanggulangi lewat kerja sama yang erat antara pemerintah pusat\daerah. Namun, tidak kalah penting  juga peran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, mahasiswa kukerta balik kampung Universitas Riau   melakukan program kerja penanaman TOGA bersama Ibu POKJA 3 Kelurahan Talang Mandi, yang mana dilaksanakan pada Kamis, 15 Juli 2021 di Kantor Lurah Talang Mandi, Kec. Mandau, Kab Bengkalis.

Kelompok ini terdiri dari sepuluh mahasiswa yang mana di antaranya, Michael Graceson Loyver Sitompul, Anisa Priyanti, Neysia Alice Bella, Tasya Gabriella Silalahi, Ronaldo Stefano, Citra Mandasari, Lasmita Siregar, Cristiafani Simbolon, Sukma Mentari Lubis, dan Fhirman Sinaga.

Citra Mandasari selaku pemberi ide terhadap kelompok Kukerta ini mengusulkan agar melakukan program kerja penanaman TOGA dengan tujuan meningkatkan motivasi masyarakat untuk saling menjaga imunitas tubuh.

“salah satu upaya dalam meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh pada diri kita, dapat diupayakan dengan mengonsumsi berbagai jenis obat. Yang mana upaya terdekat yang dapat kita lakukan adalah dengan mengonsumsi obat tradisional yang diolah secara alami. Obat tradisional tersebut dapat diperoleh dan diolah dari berbagai jenis tanaman TOGA. Misalnya kunyit, jahe, kencur, binahong, dan temulawak,” ujarnya.

Hj. Erna Satriana selaku Kepala Kelurahan Talang Mandi merespon baik dan menyarankan agar melakukannya bersama Ibu POKJA 3.

“mendengar penjelasan dari adik-adik mengenai program kerja penanaman TOGA, saya mendukung dan apresiasi apalagi di masa pandemi ini hal tersebut sangat dibutuhkan. Tapi, saya menyarankan agar adik-adik melakukannya bersama ibu POKJA 3 agar dapat dibimbing lebih lanjut dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Program ini juga bisa menjadi ajang sebagai upaya untuk meningkatakan motivasi masyarakat agar saling menjaga imunitas tubuh untuk mengurangi penyebaran covid-19,”  ungkap ibu tersebut.

Kegiatan ini terlaksana sesuai dengan apa yang diinginkan berkat bantuan dan kerja sama yang sangat baik oleh Ibu POKJA 3 Kelurahan Talang Mandi. Ibu-ibu POKJA juga menginginkan agar kelompok Kukerta ini tetap selalu kompak dan bisa berkontribusi lebih banyak lagi kepada masyarakat dalam rangka mencegah penularan covid-19. Keberlangsungan program kerja penanaman TOGA ini sudah diawali dengan persetujuan dari dosen pembimbing lapangan yaitu ibuk Noor Ell Goldameir, S.Si., M.Si . (rls/WFI)

scroll to top