Close

Karena Pungli Sekcam Binawidya Pekanbaru Di Tangkap Polisi

Tim saber pungli POLDA Riau menangkap Sekretaris Camat Binawidya, Kota Pekanbaru, Hendri Syafitra (HS).

Berdaulat.com, Pekanbaru – Tim saber pungli POLDA Riau menangkap Sekretaris Camat Binawidya, Kota Pekanbaru, Hendri Syafitra (HS). Tersangka di tangkap oleh tim saber pungli perkara Pungutan Liar (Pungli) dalam pengurusan surat tanah.

Inspektur Pengawasan POLDA Riau sekaligus ketua Tim Saber Pungli, Kombes Syamsul Huda mengatakan, tersangka HS di tangkap terkait kasus pungli dalam pengurusan Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR). Kasus ini terjadi pada saat tersangka menjabat sebagai lurah Sidomulyo timur, dan polisi berhasil menyita uang tunai senilai 3 juta Rupiah.

“Pungli ini terungkap karena keberanian korban membongkar praktik korupsi yang sangat merusak sendi kehidupan bermasyarakat dengan melaporkan pungutan liar, pemaksaan atau pemerasan, penyalahgunaan wewenang dalam pelayanan di lingkungan kecamatan Binawidya”. Ujar Syamsul huda.

Syamsul Huda juga mengatakan, ada 459 pencatatan jual beli tanah berupa SKGR, AJB dan SKPT oleh tersangka. Pada Januari korban memberikan uang senilai Rp.500 Ribu namun tersangka menolak dan meminta Rp.3 Juta.

Tak lama kemudian, tersangka diangkat menjadi Sekretaris Camat Bina Widya tapi tanda tangannya tetap dibutuhkan karena SKGR itu sudah keluar dan teregister. Korban menyerahkan uang itu di kantor camat dan kemudian ditangkap polisi.

Beberapa pegawai di kelurahan itu sudah diminta keterangan oleh penyidik. Mereka mengaku mantan atasannya yang sudah menjadi sekretaris camat itu memang selalu meminta uang SKGR.

Penyidik menjerat tersangka dengan Pasal 12 huruf e Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (bdc/WFI).

scroll to top