Close

Imbas dari Covid-19, Harga Mobil Bekas Mengalami Penurunan


berdaulat.com – President Director Mobil88, Halomoan Fischer mengakui pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia turut mempengaruhi harga mobil bekas.

Menurutnya, saat ini yang terjadi di pasar mobil bekas adalah supply di atas demand. Sehingga hal ini turut mempengaruhi harga dari mobil bekas itu sendiri.

“Kalau supply sudah di atas demand itu harga pasti turun. Jadi kalau ditanya harga hari ini pasti turun (harga mobil bekas),” ujar Fischer saat bincang virtual bersama awak media, baru-baru ini.

Ilustrasi deretan mobkas atau mobil bekas[Shutterstock].

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, supply dan demand itu ditentukan oleh pasar. Saat ini demand permintaannya turun. Seperti diketahui tengah ada Pembatasan Berskala Besar atau PSBB. Sehingga saat ini konsumen ingin ke showroom juga susah dan berkaitan dengan hal ini, kebutuhan orang akan mobil juga ikut turun.

“Analisa sederhana kami, pada saat ekonomi turun begini orang pemasukannya turun, mereka pasti butuh cash. Karena banyak di rumah juga, pengeluaran malah jadi lebih tinggi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Halomoan Fischer menyampaikan, pandemi Covid-19 turut berdampak terhadap penjualan mobil bekas.

Walaupun sempat mengalami kenaikan pada Januari-Februari. Namun penjualan kembali merosot seiring imbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja.

“Tahun ini dibandingkan tahun lalu, ada kenaikan sekitar 7 persen dari tahun sebelumnya. Tapi masuk bulan Maret turun. Dibandingkan Februari turun 30 persen, masuk ke April turunnya lebih dalam lagi. Hitungan sementara kira-kira turun 70 persen,” tutup Halomoan Fischer.

Catatan dari Redaksi: Jika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, informasi seputar Coronavirus Disease (Covid-19) bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing, minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah. Bersama-sama, kita bisa mengatasi pandemi Covid-19. berdaulat.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19





Sumber berita

scroll to top