Close

CEK FAKTA: Benarkah Jakarta Jadi Pusat Corona Karena Salah Pilih Gubernur?

berdaulat.com – Belum lama ini beredar kabar jika DKI Jakarta menjadi pusat virus corona karena salah memilih gubernur.

Anggapan itu beredar usai seorang pengguna Facebook bernama Bunga Indah menulis status di Facebook.

Dalam statusnya itu, ia mengatakan, “Jakarta menjadi daerah yang paling banyak terinfeksi virus COVID-19 karena salah pilih gubernur.”

Klarifikasi Turn Back Hoax soal tuduhan hoaks (Instagram).Status itu pun sempat viral karena mendapat 239 komentar. Namun, apakah tuduhan tersebut benar?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan berdaulat.com, dapat dipastikan bahwa tidak benar provinsi DKI Jakarta menjadi pusat virus corona karena salah memilih gubernur.

Memang benar DKI Jakarta menjadi pusat penyebaran virus corona. Namun, sebabnya bukan karena masyarakat Jakarta salah memilih gubernur, melainkan karena tingkat mobilitas di Jakarta sangat tinggi sehingga virus terbawa masuk.

Selain itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanggulangan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa hal itu bisa terjadi karena DKI Jakarta memiliki banyak pintu masuk.

Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), selain DKI Jakarta, ada empat provinsi lain dengan jumlah kasus COVID-19 yang cukup tinggi yaitu di atas 50 kasus. Provinsi tersebut adalah Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa tuduhan yang dilakukan oleh Bunga Indah terbukti tidak benar. Status yang ia tulis memuat informasi yang menyesatkan karena tidak berdasarkan fakta.

Catatan Redaksi:Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta berdaulat.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi berdaulat.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.



Sumber berita

scroll to top