Close

Catat Jadwalnya! Bank Indonesia Akan Blokir Kartu ATM Lama BRI Hingga BCA

Bank Indonesia (BI) mewajibkan perbankan untuk mengubah kartu ATM lama menjadi kartu ATM berbasis chip hingga akhir tahun 2021

berdaulat, Jakarta – Perbankan di Indonesia dijadwalkan akan segera memblokir kartu ATM lama berbasis magnetic stripes. Hal ini sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP terkait Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit.

Bank Indonesia (BI) mewajibkan perbankan untuk mengubah kartu ATM lama menjadi kartu ATM berbasis chip hingga akhir tahun 2021.  

Para nasabah yang masih menggunakan kartu ATM berbasis magnetic stripes harus segera menukarnya di kantor cabang bank terdekat, dengan membawa kartu ATM lama dan KTP. 

Apabila lewat dari batas waktu penukaran, maka pihak bank akan melakukan penonaktifan kartu ATM berbasis magnetik.

Bank-bank besar Tanah Air juga sudah menyampaikan batas waktu, di antaranya the big four: PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

Tiap Bank memberikan batas waktu yang berbeda untuk penukaran/transmigrasi kartu. Simak jadwal berikut ini agar dapat menukar kartu ATM lama sesuai waktu yang ditentukan.

  1. Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menargetkan migrasi kartu ATM lama berbasis magnetic stripes menjadi berbasis chip tercapai 100 persen pada September 2021. Oleh karena itu, nasabah diminta segera mengganti kartu ATM lama. Adapun hingga Februari 2021, migrasi kartu ATM berbasis chip BRI sudah mencapai 82 persen. Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto menyebut penggantian kartu bisa dilakukan di seluruh kantor cabang (kacab) Bank BRI di lebih dari 9.000 unit kerja Bank BRI. Jika ingin mengganti kartu menjadi berbasis chip, jangan lupa membawa KTP dan kartu ATM yang ingin diganti. “Penukaran kartu ATM hanya membawa kartu ATM/Debit BRI dan KTP tanpa dikenakan biaya atau gratis,” sebut Aestika.

  1. Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan menerapkan pemblokiran kartu debit magnetic stripe secara bertahap. Pemblokiran akan dilakukan dalam tiga tahap, yang mulai dilakukan pada 1 April 2021.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, pemblokiran kartu ATM lama yang dimulai pada 1 April 2021 akan dilakukan untuk kartu ATM magnetic stripe dengan expiry date 2021-2022. Kemudian pemblokiran akan dilanjutkan untuk tahap kedua pada 1 Juni 2021 untuk kartu dengan expiry date 2023-2025. Lalu tahap ketiga pada 1 Juli 2021 untuk kartu dengan expiry date 2026-ke atas.

“Bank Mandiri menargetkan angka jumlah kartu chip dapat mencapai 100 persen di tahun 2021 sesuai dengan arahan regulator. Untuk percepatan konversi ke kartu chip,” kata Rudi

Bagi nasabah yang belum melakukan penggantian, segera lakukan penggantian untuk menghindari pemblokiran. Penggantian kartu chip dapat dilakukan melalui cabang bank mandiri terdekat atau Mandiri CS Machine yang berada di 5 lokasi yaitu Jakarta Pondok Indah Mall, Senayan City Mall, Kota Kasablanka Mall, Mandiri Cabang Depok, dan Mandiri Cabang Bekasi Juanda.

  1. Bank BNI

Sama seperti Bank Mandiri, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) akan memberikan waktu hingga awal semester I-2021 tahun ini.

Penukaran kartu harus dilakukan nasabah sebelum tanggal 30 April 2021. Jika sampai 30 April 2021 belum dikonversi, maka BNJ akan melakukan penonaktifan kartu debit magnetic stripes tersebut. Adapun sampai Januari 2021, implementasi kartu debit menggunakan cip di BNI baru mencapai 10 juta atau mendekati 80 persen.

Jika anda termasuk 20 persen nasabah yang masih menggunakan kartu ATM magnetic stripe, segera mengganti kartu dengan mengunjungi seluruh kantor cabang BNI terdekat.

Anda juga bisa mengganti kartu ATM melalui BNI SONIC (Self Service Opening Account). BNI Sonic ini ini merupakan layanan cepat perseroan untuk pembukaan rekening dan mengganti kartu yang beroperasi selama 24 jam.

  1. Bank BCA

PT Bank Central Asia Tbk berharap transformasi kartu ATM lama BCA menjadi kartu ATM baru berbasis chip bisa maksimal tahun ini, mengingat BI memberi waktu bagi bank hingga akhir Desember 2021.

BCA meminta nasabah untuk segera mengganti kartu ATM lama. BCA juga tengah mengintensifkan edukasi dan mempermudah serta memperluas akses untuk penukarannya, disamping adanya promosi untuk mendorong konversi tersebut.

Nasabah bisa menukar kartu ATM berbasis magnetic stripes menjadi chip di kantor cabang terdekat maupun mesin CS digital.

Nasabah perlu menyiapkan KTP dan Paspor BCA lama yang ingin ditukar. Kartu berbasis chip ini mampu mengurangi risiko kejahatan seperti skimming.

Pasalnya kartu magnetic stripes secara teknologi akan lebih mudah disalin ketimbang kartu chip.

“Untuk melakukan pertukaran kartu, nasabah dapat melakukannya di hampir 900 mesin CS Digital BCA yang tersebar di seluruh Indonesia ataupun di kantor cabang BCA,” sebut Excecutive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn.

(rls/WFI)

scroll to top