Close

Best 5 Otomotif Akhir Pekan: Bus MAB Dijajal Presiden, F1 Batal

berdaulat.com – Semangat Indonesia untuk menyambut era Kendaraan Bermotor Listrik atau KBL terus terasakan. Salah satunya adalah menggarap bus bertenaga listrik murni atau Electric Vehicle (EV). Tengok saja apa yang dilakukan PT Mobil Anak Bangsa atau PT MAB.

Sungguh membahagiakan, kemarin (14/2/2020) salah satu bus listrik PT MAB dicoba langsung oleh presiden Guinea-Bissau. Apakah pertanda bahwa moda transportasi massal ini akan segera mengaspal di Afrika bagian barat? Tunggu tanggal mainnya. Namun recognizement atau pengenalan produk negeri sendiri, asal Tanah Air, adalah sebuah kebanggaan.

Di sisi lain, dunia sport otomotif tengah berada dalam kondisi kurang menyenangkan. Baru saja 2020 dikuak, yang berarti adalah saat tim-tim balap jet darat atau Formula One (F1) melakukan launching tunggangan kencang mereka untuk musim balap tahun ini, ternyata ada kabar sedih. Yaitu serangan Wuhan Coronavirus yang diberi nama resmi Covid-19 berdampak serangkaian penundaan kalender balap mereka. Setelah F1 Grand Prix (GP) China dinyatakan batal, mengingat lokasi adalah Shanghai, di Republik Rakyat China, lokasi awal terjangkitnya wabah, kini negara lain di kawasan Asia Tenggara juga mesti berjaga-jaga akan kemungkinan pembatalan.

Lalu ada kisah mengharukan dari seorang kakek usia 88 tahun, yang hingga kini masih semangat untuk memberikan layanan jasa pengisian angin pada ban kendaraan bermotor. Padanya kita bisa bercermin makna menjalani asam garam kehidupan.

Berikut adalah lima (5) tautan artikel menarik berdaulat.com untuk akhir pekan ini. Selamat menikmati.

1. Berkunjung ke Indonesia, Presiden Guinea-Bissau Jajal Bus MAB

Presiden terpilih Guinea-Bissau Umaro Cissoko Embalo (kedua kiri) berbincang dengan Technical Director PT. Mobil Anak Bangsa Bambang Tri Soepandji (kedua kanan) saat berada di dalam bus Mobil Anak Bangsa (MAB) menuju Bandara Halimperdanakusuma, Jakarta, Jumat (14/2). [berdaulat.com/Angga Budhiyanto]Presiden terpilih Guinea-Bissau Umaro Cissoko Embalo (kedua kiri) berbincang dengan Technical Director PT. Mobil Anak Bangsa Bambang Tri Soepandji (kedua kanan) saat berada di dalam bus Mobil Anak Bangsa (MAB) menuju Bandara Halimperdanakusuma, Jakarta, Jumat (14/2). Menurut Technical Director PT. Mobil Anak Bangsa Bambang Tri Soepandji, Presiden terpilih Guinea-Bissau Umaro Cissoko Embalo berkenan menaiki bus MAB merupakan satu indikasi bahwa beliau ingin membangun kerjasama yang lebih erat dengan Republik Indonesia.

Apabila hubungan itu sudah terjalin dengan baik, maka itu berarti baik pula untuk kepentingan negara maupun swasta. Beliau (Presiden terpilih Guinea-Bissau Umaro Cissoko Embalo) juga terkesan karena bus MAB ini dari awal dibuat oleh lokal dan beliau ingin mengadopsi bus MAB untuk daerah di Afrika. [berdaulat.com/Angga Budhiyanto]

Baca selengkapnya

2. MINI John Cooper Works Lengkapi Jajaran Produk Terbaru MINI Indonesia

Kerennya MINI JCW Clubman dan MINI JCW Countryman sebagai versi tuning MINI [berdaulat.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].Melengkapi jajaran produk terbarunya, MINI Indonesia juga menghadirkan MINI John Cooper Works, versi tuning untuk  MINI JCW Clubman dan MINI JCW Countryman dengan tenaga mencapai 306 daya kuda (dk). 

Sebagai produk terbaru, MINI JCW Clubman dibanderol dengan harga Rp 1,130 miliar dan MINI JCW Countryman Rp 1,170 miliar dengan status off the road.

Baca selengkapnya

3. Dampak COVID-19, Penggemar Sport Otomotif F1 Mesti Bersabar

Para driver F1, Class of 2018: (dari kiri ke kanan) Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen, Lewis Hamilton, Valtteri Bottas, Max Verstappen, Daniel Ricciardo. Tengah: Nico Hulkenberg, Carlos Sainz, M Stoffel Vandoorne, Fernando Alonso, Sergio Perez, Esteban Ocon, Pierre Gasly, Brendon Hartley. Paling belakang: Romain Grosjean, Kevin Magnussen, Sergey Sirotkin, Lance Stroll, Marcus Ericsson dan Charles Leclerc [AFP/Giuseppe Cacace].Bagi para penggemar sport otomotif single seater, utamanya balap jet darat alias Formula One (F1), rasanya mesti bersabar untuk bisa menonton para jagoannya yang bakal berlaga tahun ini. Pasalnya, wabah Wuhan Coronavirus atau kini dikenal dengan nama resmi COVID-19 telah berhasil mengacaukan jadwal pertandingan.

Beberapa saat lalu, rencana gelaran F1 Grand Prix (GP) China yang berlangsung di Shanghai dinyatakan batal. Kini, giliran Vietnam menunggu traffic light, apakah akan mendapat lampu hijau atau malah diganjal lampu merah. Artinya, acara bakal dilanjutkan atau sama sekali tidak dilangsungkan. Sedihnya, 2020 sejatinya menjadi tahun perdana bagi Negara Paman Ho dalam menggelar balap jet darat.

Baca selengkapnya

4. Salut: Usia 88 Tahun, Opa Ini Berikan Jasa Pengisian Angin buat Ban

Opa atau Kakek Gassing, pengisi angin pada ban kendaraan asal Makassar [screenshot: YouTube PEDULI DHUAFA].Di usia senja, duduk tenang menikmati hari tua adalah menjadi suatu hal yang didamba. Namun apa jadinya bila belum bisa berada dalam kondisi seperti itu? Jangan putus semangat, tetaplah berusaha.

Begitu yang dilakoni oleh Gassing, seorang Opa atau Kakek yang berasal dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Pada usia 11 windu atau 88 tahun, ia tetap bersemangat bertahan hidup dengan menawarkan jasa isi angin untuk ban kendaraan.

Baca selengkapnya

5. Keren! Pose Ignasius Jonan dengan Mobil Barunya Esemka Bima

Ignasius Jonan bersama Esemka Bima (Instagram/ignasius.jonan)Mobil Esemka menjadi komoditas yang sering diperbincangkan. Bagaimana tidak, mobil ini menjadi mobil nasional yang menarik perhatian publik.

Sebelumnya mobil Esemka ini sudah banjir orderan, terakhir berita mengenai TNI Angkatan Udara membeli mobil Esemka tipe Bima sebanyak 35 unit.

Baca selengkapnya



Sumber berita

scroll to top