Close

Anda Harus Tahu, Ini Tiga Manfaat Membaca Buku


berdaulat.com – Anda Harus Tahu, Ini Tiga Manfaat Membaca Buku

Manfaat membaca buku tidak hanya sebatas memperkaya imajinasi dan informasi. Sains telah membuktikan membaca buku dapat meningkatkan aktivitas otak dan kemampuan analisis yang mencerminkan bagaimana seseorang berperilaku dan mengelola emosinya. 

Dihimpun berdaulat.com dari berbagai sumber, berikut tiga manfaat besar yang bisa Anda dapatkan berkat rajin membaca buku.

1. Belajar berempati

Ilustrasi baca buku sebelum tidur. (Shutterstock)

Membaca buku dapat membuat seseorang berempati pada orang lain.

Lewat studi yang dilakukan Emory University pada 2013, aktivitas otak orang-orang yang hobi membaca akan meningkat di area pemahaman bahasa dan visualisasi gerakan. Fungsi kedua area otak ini berperan penting dalam membangun emosi dan empati meski buku disajikan dalam bahasa yang berbeda.

Morteza Dehghani, salah satu peneliti dari Brain and Creativity Institute di USC, mengatakan bahwa meski bahasa tulisannya berbeda, otak tetap bisa memunculkan respon umum untuk memahami alur dan isi cerita tersebut. Para peserta dapat merasakan empati dari isi cerita. Hal ini berlaku umum di dalam otak semua manusia, terlepas dari mana tokoh, budaya, dan asal-usul cerita tersebut berasal.

Khususnya pada pembaca literatur klasik, otak mereka menunjukkan tingkat empati yang lebih tinggi saat dibandingkan dengan pembaca literatur modern.

2. Memberikan ketenangan

Ilustrasi anak membaca buku
Ilustrasi membaca buku

Selain bisa meningkatkan rasa empati terhadap orang lain, manfaat membaca buku juga berpengaruh pada kesehatan fisik tubuh. Membaca buku dipercaya dapat memberikan ketenangan dan menurunkan tekanan darah. 

Di samping itu, bacaan yang menyajikan dunia imajinasi dan alternatif bisa menjadi pelarian sementara dari masalah dunia nyata. Oleh sebab itu, baca buku bisa mencegah seseorang mengalami stres dan depresi.

3. Melatih konsentrasi

Orang tua baca buku dengan anak. (shutterstock)
Orang tua baca buku dengan anak. (shutterstock)

Membaca buku seperti melatih kemampuan konsentrasi dan fokus. Hal itu juga yang membuat seseorang ‘terlatih’ melakukan multitasking dan menajamkan kekuatan otak dalam kemampuan mengingat dan menganalisis. Maka dari itu, orang yang rajin membaca diketahui memiliki risiko yang jauh lebih rendah terhadap macam-macam penyakit otak, seperti demensia dan alzheimer.

Jika ingin mencari dan membaca lebih banyak buku, Anda bisa mencarinya di laman serbada.com dan temukan banyak buku menarik di sana!





Sumber berita

scroll to top