Close

27 Dewan Tandatangani Mosi Tidak Percaya Kepada Ketua DPRD Pekanbaru

berdaulat.com – Pekanbaru. Dinamika politik di DPRD Kota Pekanbaru semakin memanas. Hujan interupsi terjadi dalam rapat Paripurna DPRD Kota Pekanbaru, pada Senin (18/5/2020). Ketua-ketua Fraksi di DPRD Kota Pekanbaru menyampaikan interupsi.

Lima Fraksi menyampaikan mosi tidak percaya kepada Ketua DPRD Hamdani, yaitu Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra Plus, Fraksi Hanura-Nasdem, Fraksi PDI Perjuangan dan Fraksi Golkar. Ada lima fraksi yang menyampaikan interupsi. Mereka yakni Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra Plus, Fraksi Hanura-Nasdem, Fraksi PDI Perjuangan dan Fraksi Golkar. 

Pada saat akan dimulai sidang Paripurna DPRD Kota Pekanbaru yang dipimpin oleh Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani, langsung diinterupsi oleh Ketua Fraksi Golkar, Masni Ernawati yang menyampaikan mosi tidak percaya kepada Ketua DPRD, Hamdani, karena menurutnya Ketua DPRD tidak dapat memberikan kesejukan di DPRD Kota Pekanbaru. Ketua Fraksi Golkar tersebut juga memerintahkan semua Fraksi Golkar untuk keluar dari ruangan paripruna apabila Hamdani masih memimpin sidang tersebut.

“Maka untuk itu, kami, Ketua Fraksi Golkar memerintahkan seluruh anggota Fraksi Partai Golkar untuk keluar dari sini apabila saudara Hamdani masih memimpin sidang paripurna ini!”, kata Masni Ernawati dengan tegas.

Kemudian dilanjutkan juga dengan pernyataan dari Ketua Fraksi Gerindra Plus yang juga menyatakan mosi tidak percaya kepada Hamdani.

Dilanjutkan juga dengan pernyataan dari Ketua Fraksi PDI-P, Dapot Sinaga yang juga kecewa dengan kepemimpinan Hamdani yang dinilai tidak dapat mengakomodir dinamika politik di DPRD Pekanbaru, hingga sampai keluar DPRD Pekanbaru gaungnya.

“Saya baca di media, ngeri kali ketua, ngeri kali. Seakan akan kami main proyek! Mana kami main-main proyek?! Ha?!” ujar Dapot, berang.

Begitu juga Ketua Fraksi Demokrat, Aidil Amri juga menyatakan sikap Fraksinya, menyatakan mosi tidak percaya kepada Hamdani.

Sebanyak 27 orang dari 5 Fraksi tersebut menandatangani mosi tidak percaya kepada Ketua DPRD. Setelah menyatakan mosi tidak percaya tersebut, mereka keluar dari ruangan rapat Paripurna.

Meski begitu, Paripurna tetap dilanjutkan yang dipimpin oleh Ketua DPRD Hamdani dan Wakil Ketua DPRD Nofrizal.

Berkas mosi tidak percaya yang sudah ditandatangani oleh 27 Dewan tersebut diserahkan kepada Ketua Badan Kehormatan DPRD Pekanbaru, Ruslan Tarigan.

Berkas tersebut nantinya akan dipelajari dahulu oleh Badan Kehormatan DPRD Pekanbaru.

scroll to top